Friday, January 17, 2014

Rokok dan Merokok Menghasilkan Kanker


Sekitar setengah dari semua orang Amerika yang terus merokok akan mati karena kebiasaan. Setiap tahun sekitar 443.000 orang di Amerika Serikat meninggal akibat oleh karena penyakit yang berkaitan dengan penggunaan tembakau. Merokok telah membunuh lebih banyak orang Amerika jika dibandingkan alkohol, kecelakaan mobil, bunuh diri, AIDS, pembunuhan, dan obat-obatan terlarang lainya.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang disebabkan olehkarena merokok :

Paru-paru.
Laring.
Rongga mulut (mulut, lidah, dan bibir)
Hidung dan sinus.
Faring (tenggorokan).
Esofagus (tabung yang menghubungkan tenggorokan ke perut).
Perut.
Pankreas.
Tengkuk.
Ginjal.
Kandung kemih.
Ovarium (sejenis disebut kanker ovarium mucinous).
Colorectum (kolon dan / atau rektum).
Leukemia myeloid akut.

Merokok telah menyumbang 87% kematian akibat kanker paru-paru. Kanker paru-paru adalah penyebab utama dari kematian olehkarena  merokok baik pada pria maupun wanita, juga merupakan salah satu kanker yang paling sulit diobati.

Kanker paru-paru seringkali dapat dicegah. Beberapa kelompok agama yang mempromosikan untuk tidak merokok sebagai bagian dari ajaran agama mereka, seperti Mormon dan Advent, memiliki tarif jauh lebih rendah dari kanker paru-paru dan kanker yang berhubungan dengan merokok lainnya.

Menggunakan tembakau dapat merusak kesehatan reproduksi wanita dan menyakiti bayi. Penggunaan tembakau dihubungkan dengan berkurangnya kesuburan dan risiko tinggi keguguran, persalinan dini atau kelahiran prematur, ataupun lahir mati. Merokok dapat menyebabkan berat badan bayi yang dilahirkan rendah pada saat lahir. Hal seperti memiliki risiko cacat lahir dan sindrom kematian bayi mendadak.

Merokok dapat menyebabkan atau memperburuk aliran darah di lengan dan kaki atau penyakit pembuluh darah perifer atau PVD.  Pembedahan untuk meningkatkan aliran darah sering tidak bekerja pada saat orang terus merokok, banyak ahli bedah vaskular atau ahli bedah yang bekerja pada pembuluh darah tidak akan melakukan operasi tertentu pada pasien dengan PVD kecuali mereka berhenti merokok.

Asap dari rokok atau sering juga disebut perokok pasif dapat memiliki efek kesehatan yang merugikan pada mereka yang terkena asap rokok. Orang dewasa dan anak-anak dapat memiliki masalah kesehatan dari menghirup asap rokok.

Efek merokok dan kualitas hidup 

Perokok lebih banyak mati muda jika dibandingkan dengan yang non-perokok. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1990-an oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, perokok laki-laki cenderung mempersingkat  usia hidup menjadi 13,2 tahun dan perokok wanita dapat mempersingkat usia hidup sebesar 14, 5 tahun. Jadi pria dan wanita yang perokok lebih mungkin meninggal pada usia yang relatif muda berkisar antara 35 dan 69 tahun.

Tapi tidak semua masalah kesehatan yang menyebabkan kematian disebabkan olehkarena merokok. Merokok mempengaruhi kesehatan perokok dalam banyak hal, merugikan hampir setiap organ tubuh dan menyebabkan banyak penyakit. Penyakit yang sering timbul olehkarena merokok seperti: bronkitis kronis , emfisema , serangan jantung, stroke, dan kanker.

Dan hasil beberapa studi telah menemukan bahwa laki-laki perokok cenderung menyebabkan impoten secara seksual atau memiliki disfungsi ereksi atau mungkin dengan istilah yang banyak kita dengar dari masyarakat umumnya adalah ejakulasi dini, jika dibandingkan dengan non perokok.

Masalah-masalah seperti ini sering membuat seseorang mati muda. Penyakit yang berhubungan dengan merokok dapat membatasi kehidupan sehari-hari seseorang dengan membuatnya lebih sulit untuk bernapas, bekerja, atau bermain.

Artikel ini ditulis oleh: Kristoforus Lembu, dan mengutip dari berbagai sumber media cetak, online yang berkaitan dengan bidang kesehatan, tip kesehatan serta aneka macam penyakit. Kiranya tulisan ini bermanfaat bagi setiap pengunjung blog milik saudara Robertus Sutardi.



No comments:

Post a Comment

Jika anda memiliki pertanyaan atau permintaan untuk tulisan yang lainya di bidang kesehatan, tips kesehatan, obat kesehatan serta informasi obat herbal, silakan tinggalkan komentar anda disini atau email saya. Jangan malu-malu!
komentar anda adalah motivasi yang sangat berharga untuk membangun kepercayaan terhadap kami dari seluruh pembaca, mitra kami diseluruh Indonesia
Kami sangat sadar kami bukan ahli, tetapi kami akan akan berusaha sekuat tenaga untuk menjelaskan apa yang kami tahu dan meneliti apa yang kami tidak tahu.

About Us

Sebenarnya kami berdua Robertus.S & Kristoforus L, adalah distributor obat herbal. Obat herbal yg kami jual kualitas terjamin & tanpa efek samping.

Kami suka menggabungkan yang terbaik dari ilmu pengetahuan & alam untuk kesehatan seumur hidup .

Untuk informasi obat herbal yg kami jual & apabila anda pernah berpikir kerja online. Mengapa tidak bergabung bersama kami? Untuk merintis usaha online anda bersama kami, klik disini

Popular Posts

Designed BySeo Blogger Templates