Saturday, January 18, 2014

Mengobati Asam Urat Dengan Cara Yang Ramah Dengan Kesehatan Tubuh Anda

Dewasa ini, asam urat menjadi bahan tawaan yang dilewatkan oleh orang kaya yang menderita asam urat, karena biasanya mempengaruhi orang-orang yang  memiliki akses mudah ke makanan mewah dan banyak minuman keras. Namun hari ini kita tahu lebih baik dan laporan ini akan meninjau mitos-mitos dan membantu  anda  untuk memahami apa sebenarnya penyebab asam urat.

Siapapun yang telah mengalami rasa sakit luar biasa dari serangan asam urat tahu bahwa itu bukan bahan tertawaan. Beberapa penderita telah menggambarkan rasa  sakit dari serangan asam urat mirip seperti dibakar oleh api.

Apa Sebenarnya itu Asam Urat?

Asam urat adalah sejenis arthritis yang ditandai dengan nyeri, kaku dan meradangnya sendi. Kekakuan serta pembengkakan adalah hasil dari proses mengkristalnya  asam urat secara berlebihan pada sendi kita, dan rasa sakit yang terjadi disebabkan oleh respon inflamasi tubuh Anda.

Pada dasarnya asam urat adalah rincian dari proses metabolisme yang mengontrol sejumlah asam urat dalam darah Anda. Asam urat dapat terjadi pada setiap sendi  tubuh, tetapi paling sering terjadi pada jempol kaki Anda.

Dengan atau tanpa pengobatan, gejala asam urat biasanya akan hilang dalam waktu tiga sampai 10 hari, dan serangan keberikutnya mungkin tidak terjadi selama  berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Meskipun demikian, jika serangan terjadi, asam urat cenderung meningkatkan frekuensinya, menjadi lebih parah, dan  bahkan bertahan lebih lama. Seiring dengan waktu, serangan asam urat yang berulang kali dapat merusak sendi dan daerah sekitarnya.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk sesegera mungkin mengobati asam urat, sebelum ia mulai merusak tubuh Anda secara permanen. Perawatan asam urat yang  alami serta ramah dan lembut untuk kesehatan tubuh Anda, jauh lebih efektif. Pada tulisan ini saya akan membahas bagaimana perawatan asam urat alami yang mampu  menyingkirkan asam urat dari tubuh Anda.

Penyebab Utama Asam Urat.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda mengalami asam urat, sementara pasangan Anda, tetangga, atau rekan kerja Anda tidak. Sangat sederhana bila Anda  menyadari bahwa bagaimana tubuh Anda bekerja dan umumnya terkait dengan diet dan gaya hidup Anda.

Keturunan juga memainkan peran yang relatif kecil. Jika salah satu atau kedua orang tua Anda memiliki asam urat, kemungkinan Anda juga akan mengalami hal yang  serupa. Itu berarti bahwa anak-anak Anda juga beresiko untuk mengalami asam urat. Tapi hanya mengurangi asupan minuman manis selama masa kanak-kanak dapat  mengurangi risiko asam urat ketika kelak menjadi orang dewasa, dan saya akan membahas mengapa hal ini terjadi di lain kesempatan.

Pada tingkat yang paling mendasar, serangan asam urat biasanya hasil dari bertahun-tahun memiliki tingkat tinggi asam urat dalam darah, atau suatu kondisi yang  disebut hiperurisemia.

Sementara asam urat biasanya larut dalam darah dan melewati tanpa bahaya melalui ginjal Anda, mungkin bagi tubuh Anda baik menghasilkan terlalu banyak asam urat  atau mengeluarkan terlalu sedikit asam urat pada urin Anda. Penumpukan asam urat yang berlebihan akan membentuk kristal seperti jarum di sendi dan jaringan  sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit.

Hiperurisemia biasanya tidak memiliki gejala, tetapi karena ini kadar asam urat meningkat dalam darah Anda, terutama karena pola makan yang buruk, maka resiko  Anda dari serangan asam urat meningkat juga. Hal-hal lain yang mempengaruhi kondisi kesehatan anda, termasuk:
  1. Diabetes
  2. Kolesterol tinggi 
  3. Tekanan darah tinggi
  4. Penyakit ginjal
  5. Penyakit jantung
Bagaimana Asam Urat Umumnya?

Antara dua juta dan lima juta orang di Amerika menderita asam urat, sekitar 90 persen dari mereka adalah laki-laki yang berusia 40-an dan lebih tua. Dalam beberapa  tahun terakhir ini, prevalensi asam urat telah meningkat pesat di Amerika Serikat serta di negara-negara maju lainnya. Hal ini tidak mengherankan, karena alasan utama  asam urat berasal dari makanan olahan yang kita konsumsi, bersama dengan kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti AS dan Kanada, menunjukkan bahwa pria yang minum dua atau lebih minuman ringan bergula sehari memiliki risiko 85  persen lebih tinggi asam urat daripada mereka yang minum kurang dari satu sebulan. Bahkan, risiko meningkat secara signifikan antara laki-laki yang minum 5-6 porsi  minuman ringan bergula seminggu. Jus buah dan buah-buahan yang kaya fruktosa, seperti jeruk dan apel, juga meningkatkan risiko asam urat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti AS dan Kanada, menunjukkan bahwa pria yang minum dua atau lebih minuman ringan bergula sehari memiliki risiko 85  persen lebih tinggi asam urat daripada mereka yang minum kurang dari satu sebulan. Bahkan, risiko meningkat secara signifikan antara laki-laki yang minum 5-6 porsi  minuman ringan bergula seminggu. Jus buah dan buah-buahan yang kaya fruktosa, seperti jeruk dan apel, juga meningkatkan risiko asam urat.

Banyak kondisi kesehatan yang disebabkan oleh HFCS, termasuk kolesterol tinggi dan diabetes, juga meningkatkan risiko asam urat. Selain itu, fruktosa lebih mudah  mengkonversi  menjadi lemak, yang membuatnya menjadi faktor risiko utama diabetes dan asam urat.

Mempertahankan Berat Badan Ideal Merupakan Solusi Yang Tepat

Risiko lain asam urat adalah obesitas, atau kenaikan berat badan yang berlebihan. Sekitar setengah dari semua penderita asam urat adalah kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan memperburuk asam urat karena ujung saraf teriritasi. Tentu saja, obesitas dapat memperburuk jenis arthritis.

Selanjutnya, data medis menunjukkan prevalensi yang sangat tinggi penyakit jantung dan diabetes adalah gejala sindrom metabolik seperti resistensi insulin, obesitas  abdominal, hipertensi, serta trigliserida tinggi pada penderita asam urat.

Sebuah studi tahun 2002 dari wanita obesitas dengan sindrom metabolik menemukan bahwa kenaikan berat badan, terutama di sekitar perut, menyebabkan  peningkatan kadar protein dari sistem kekebalan tubuh mereka yang disebut sitokin. Sitokin tentu menyebabkan respon inflamasi, yang dapat berkontribusi   pembentukan deposit lemak di arteri, atau dikenal sebagai aterosklerosis.

Setelah satu tahun program diet, olahraga, serta konseling perilaku, setiap wanita obesitas dalam studi ini kehilangan setidaknya 10 persen dari berat badan mereka  mulai dari rata -rata 22 kilogram.

Penurunan berat badan merupakan metode yang aman untuk mengurangi inflamasi dan disfungsi ameliorating pembuluh darah pada wanita obesitas. Tingkat sitokin  kembali ke normal meskipun perempuan tidak kehilangan semua kelebihan berat badan mereka. Asam urat adalah kondisi peradangan, dan jelas dari penelitian ini  bahwa kehilangan berat badan, mampu menghindari serangan asam urat lebih lanjut.

Langkah-langkah Mencegah dan Mengobati Asam Urat

Jika tidak diobati, asam urat bisa menjadi semakin menyakitkan dan menyebabkan kerusakan sendi. Jadi, jika Anda mengalami tiba-tiba, rasa sakit di sendi, terutama  jempol kaki Anda, penting untuk mencari bantuan. Berikut ini adalah langkah-langkah penting untuk mengatasi asam urat :

Cari tahu jenis nutrisi Anda. Ini akan memberitahu Anda apa makanan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, termasuk apakah Anda harus makan lebih banyak lemak dan  protein atau menguranginya.

Hindari minum soda, jus buah, dan minuman manis lainnya. Sebaliknya, banyak minum air putih, karena cairan akan membantu untuk menghilangkan asam urat dari  tubuh Anda.

Batasi alkohol yang anda minum atau menghilangkan sama sekali. Alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah Anda.

Olahraga. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko asam urat, dengan olahraga teratur akan membantu Anda untuk menjaga berat badan yang sehat dan  meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jadi, harap ingat bahwa Anda tidak perlu mengambil obat yang berbahaya untuk menangani kondisi yang menyakitkan ini. Anda BISA mengatasi asam urat dengan  pola hidup anda serta cara Alami lainya yang mampu mencegah ataupun mengobati asam urat yang ramah dengan kesehatan tubuh Anda.

Artikel ini di tulis oleh : Kristoforus Lembu, seorang blogger yang gemar menulis atau mempromosi obyek-obyek wisata yang menarik di bagian timur Indonesia,  khususnya my homeland Manggarai, Flores, Indonesia.



No comments:

Post a Comment

Jika anda memiliki pertanyaan atau permintaan untuk tulisan yang lainya di bidang kesehatan, tips kesehatan, obat kesehatan serta informasi obat herbal, silakan tinggalkan komentar anda disini atau email saya. Jangan malu-malu!
komentar anda adalah motivasi yang sangat berharga untuk membangun kepercayaan terhadap kami dari seluruh pembaca, mitra kami diseluruh Indonesia
Kami sangat sadar kami bukan ahli, tetapi kami akan akan berusaha sekuat tenaga untuk menjelaskan apa yang kami tahu dan meneliti apa yang kami tidak tahu.

About Us

Sebenarnya kami berdua Robertus.S & Kristoforus L, adalah distributor obat herbal. Obat herbal yg kami jual kualitas terjamin & tanpa efek samping.

Kami suka menggabungkan yang terbaik dari ilmu pengetahuan & alam untuk kesehatan seumur hidup .

Untuk informasi obat herbal yg kami jual & apabila anda pernah berpikir kerja online. Mengapa tidak bergabung bersama kami? Untuk merintis usaha online anda bersama kami, klik disini

Popular Posts

Designed BySeo Blogger Templates